Pesta Sekura Pekon Kegeringan 5 Syawal 2018



Pesta Sekura
sejarah Sekura sendiri konon awalnya dipakai saat peperangan 4 paksi yang membawa ajaran Islam di tanah Sekala Brak yang menganut animisme. Para pengikut 4 maulana tersebut menggunakan topeng saat berperang karena mereka harus melawan kerabat sendiri. Selain menggunakan penutup wajah, Sekura juga memiliki sejumlah aksesori antara lain pedang, tombak, dll. Hal ini menyimbolkan untuk merayakan kemenangan dengan senjata di tangan.


Sekura sendiri terbagi dalam dua jenis yakni sekura kamak dan sekura kecah:
Pertama adalah Sekura Kamak. Dalam Bahasa Lampung, kamak berarti kotor. Sekura Kamak memang  tampil dengan pakaian compang camping atau kotor. Ciri khas Sekura ini biasanya menggunakan topeng yang terbuat dari kayu. Mereka juga akan memakai aksesori yang membuat penampilan mereka terlihat kotor seperti daun pisang kering atau bahan-bahan bekas lainnya. Sekura Kamak juga punya keistimewaan boleh mengikuti kegiatan panjat pinang.
Kedua sekura Kecah atau Sekura Betik. Dalam bahasa Lampung sendiri, betik berarti bagus atau bersih. Sepadan dengan artinya, penampilan Sekura Betik ini juga lebih bersih dan lebih rapi dibandingkan dengan Sekura Kamak. Sekra Betik sendiri biasanya menggunakan penutup wajah terbuat dari kain dan ada pula yang menggunakan kacamata hitam. Di bagian pinggangnya biasanya digantungi kain-kain panjang. Sekura Betik tidak memiliki hak untuk mengikuti kegiatan panjat pinang. Mereka hanya kebagian peran sebagai penggembira.

Pesta sekura sendiri kerap dilaksanakan oleh masyarakat Lampung Barat saat perayaan hari raya idul fitri, mulai dari 1 syawal hingga 7 syawal dan bergantian disetiap pekon yang akan melaksanakan pesta sekura.
Untuk tahun ini Pekon Kegeringan yang berada di Kecamatam Batubrak Kabupaten Lampung Barat akan melaksanakan pesta sekura pada 5 syawal atau pada selasa 19 juni 2018.


Poto saat sekura kamak lagi cakak buah | fahliwa

Belum ada Komentar untuk "Pesta Sekura Pekon Kegeringan 5 Syawal 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel